7 cara mudah mencegah kanker payudara

kanker payudaraBadan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat setiap tahun ada 7 juta penderita kanker payudara dan 5 juta orang meninggal dunia karena kanker payudara. Hal ini tentu menjadi momok yang menakutkan bagi setiap wanita. Padahal dari tahun ke tahun jumlah penderitanya terus bertambah. Di Indonesia, kanker payudara menempati urutan ke-2 dari jenis kanker yang menyerang wanita. Kanker payudara dapat juga mengenai kaum pria, meskipun sangat jarang. Hanya sekitar 1% saja.

Sebenarnya apakah kanker itu?

Setiap benjolan yang terjadi di tubuh kita, karena berbagai sebab (pertumbuhan sel berlebih, benturan/trauma dll) disebut tumor. Tumor sendiri ada yang bersifat jinak, adapula yang ganas. Tumor yang ganas inilah yang disebut kanker. Kanker memiliki sifat khas, yaitu terdiri dari sel-sel ganas, yang dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Penyebaran ini disebut metastase dan dapat terjadi melalui pembuluh darah, maupun pembuluh getah bening.

baca selengkapnya tentang kanker dan pengobatannya disini -> terapi herbal untuk terapi kanker, lebih aman dari kemoterapi

Siapa Saja Yang Beresiko Tinggi Terkena Kanker Payudara?

– Memiliki anggota keluarga yang menderita kanker payudara (ibu, nenek, saudara perempuan)
– Mens pertama pada usia muda, menopause yang terlambat
– Wanita yang tidak punya anak, atau melahirkan anak pertama pada usia > 30 tahun.
– Pernah terdapat tumor/kanker payudara sebelumnya
– Mendapatkan terapi pengganti hormon jangka panjang
– Faktor-faktor lain: obesitas/konsumsi tinggi lemak, konsumsi alkohol berlebih, merokok, mutasi genetic.

Tentu anda tidak ingin terkena penyakit ini, bukan? Karena itulah, terapkan pola hidup sehat dari sekarang. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa tips untuk cegah kanker payudara yang dapat anda lakukan :
1. Konsumsi makanan sehat
Jika anda ingin sehat maka konsumsilah makanan sehat. Ya, makanan yang anda konsumsi akan mempengaruhi kesehatan anda.

Jenis makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi tersebut di antaranya:

  • Sayuran berwarna hijau tua: bayam, brokoli, sawi hijau, kailan, katuk, kenikir, pegagan, daun dewa, sambungnyawa, dll.
    Sayuran berwarna hijau muda: selada, selada air, daun bawang.
    Sayuran berwarna terang: kubis, bunga kol, lobak, wortel, kentang, rebung, ubi, dll.
    Sayuran buah: tomat, terong, gambas, mentimun, pepaya, labu siam, kacang-kacangan, jagung, dll.
  • Buah-buahan: apel Malang/hijau, pepaya, tomat, jeruk, jambu biji, mangga, jenis berry (strawberry, bluberry), dll.
  • Aneka jamur. Beras, sayuran, dan buah sebisa mungkin yang organik.
  • Lauk-pauk: kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, telur ayam kampung, ayam kampung.

Buah-buahan dan sayuran dianjurkan karena banyak mengandung zat antioksidan yang secara langsung maupun tidak langsung membantu mencegah terbentuknya sel kanker, mencegah kanker menyebar bagi yang sudah terkena kanker, juga mengembalikan sel kanker menjadi sel sehat kembali.

Selain itu, perbanyaklah konsumsi protein tanpa lemak seperti ikan, daging merah segar, serta makanan yang mengandung vitamin. Anda tidak hanya akan terhindar dari kanker payudara, tetapi anda juga akan sehat secara keseluruhan.

2. Jangan merokok dan minum minuman beralkohol
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa merokok dan minum minuman beralkohol, terutama jika dilakukan dalam jangka panjang bisa meningkatkan resiko kanker payudara pada sejumlah wanita.
 
3. Rutinkan konsumsi suplemen untuk mencegah kanker
Suplemen atau makanan tambahan diperlukan agar kebutuhan nutrisi tubuh kita terpenuhi. Beberapa suplemen seperti Habbatusauda, Propolis, Susu Kedelai, Kulit manggis, dan lain-lain yang telah banyak diteliti dapat mencegah dan mengobati penyakit kanker. Bedanya suplemen dengan obat, tidak akan menimbulkan efek samping jika diminum rutin setiap hari, karena hanya seperti tambahan makanan saja bagi tubuh kita.

4. Menyusui
Itulah kenapa sangat disarankan untuk menyusui bayi yang baru lahir. Selain bisa memberi asupan pada bayi, menyusui setidaknya selama satu tahun bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara. Yuk kita semangat ng-ASI:)

5. Jaga berat badan

Perlu anda ketahui, obesitas atau kegemukan juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Karena itulah, selalu jaga berat badan anda jangan sampai kegemukan.
6. Rajin berolahraga
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sering melakukan aktifitas fisik bisa mengurangi resiko terkena kanker payudara setidaknya sekitar 10 sampai 30 persen. Jadi, luangkanlah waktu anda untuk melakukan olahraga ringan seperti lari pelan atau pun yang lainnya 30 menit saja selama beberapa kali dalam seminggu.
7. Lakukan pengecekan teratur
Untuk memastikan apakah anda bebas dari kanker payudara, cobalah lakukan pemeriksaan secara teratur.

Bagimana Cara Mendeteksi Kanker Payudara?

Untuk deteksi adanya kanker payudara dilakukan:

SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Letak benjolan kanker payudara yang sering ditemukan adalah pada bagian luar atas yaitu disekitar area lengan dan ketiak.

Ciri-ciri kanker payudara pada awalnya dapat dirasakan dengan adanya benjolan dan rasa nyeri. Hal ini dapat dirasakan seperti berikut :
1. Ketika diraba, pada payudara terasa ada benjolan
2. Benjolan yang disebabkan karena pertumbuhan sel kanker payudara akan terasa keras dan juga padat ketika diraba serta ada pula yang menimbulkan rasa gatal namun ada yang sama sekali tidak menimbulkan rasa gatal.
3. Akan terjadi perubahan yang signifikan terhadap bentuk serta ukuran payudara.
4. Di bagian sekitar puting susu akan adanya luka yang sukar untuk sembuh, puting akan tertarik ke dalam, yang menimbulkan rasa gatal disebabkan karena terjadinya penebalan kulit.
5. Keluarnya darah atau nanah yang berwarna kekuningan dari puting susu
6. Pada kulit payudara mulai terjadi perubahan, yaitu kulit akan berkerut dan warnanya cenderung kemerahan ataupun berubah menjadi keriput seiring semakin banyaknya sel kanker payudara yang telah menyebar (seperti kulit jeruk purut)
7. Akan terasa nyeri pada bagian tulang, terjadinya penurunan berat badan dan pembengkakan pada bagian lengan. Yang menandakan bahwa kanker sudah menyebar

 Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri diatas, segeralah konsultasikan lebih lanjut ke dokter atau konsultan kami. Pengobatan yang dilakukan sedini mungkin akan menolong Anda agar lebih cepat sembuh dan tidak bertambah parah.
Itulah 7 tips untuk cegah kanker payudara yang dapat anda lakukan. Ingin terhindar dari penyakit ini? Yuk terapkan pola hidup sehat dari sekarang.
Semoga bermanfaat.

 

agusuci

About agusuci

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami