Fakta Ilmiah Manfaat Baby Spa

 

Akhir-akhir ini marak layanan jasa baby spa atau spa bayi. Di akun social media para ibu juga sudah banyak ibu-ibu yang mengunggah foto bayinya yang sedang berenang di dalam kolam dengan ban plastik di leher mungilnya. Tapi, apakah spa bayi memang bermanfaat bagi kesehatan atau hanya sekadar tren?

Baiklah, mari kita ulas fakta ilmiah mengenai manfaat baby spa atau spa bayi.

Para ahli berpendapat bahwa bayi akan merasa nyaman berada di dalam air, karena ia telah terbiasa mengapung di dalam cairan ketuban dalam rahim Bunda selama 9 bulan. Selain itu, beberapa penelitian telah mengungkapkan beberapa manfaat dari terapi air ini.

Spa bayi terdiri dari dua jenis aktivitas, yaitu hidroterapi dan pijat bayi. Hidroterapi adalah terapi air, di mana Si Kecil dibiarkan berenang mengapung di kolam dengan dibantu oleh ban yang melingkar di lehernya.

Hidroterapi memperkenalkan air kepada bayi sehingga diharapkan ia akan terbiasa, menjadi percaya diri, dan kelak tidak akan memiliki ketakutan terhadap air atau berenang. Menurut penelitian di Norwegia, hidroterapi dapat memperbaiki dan meningkatkan kemampuan bayi untuk mengkoordinasi otot dan keseimbangannya.

Hidroterapi berfungsi merangsang bayi untuk menggerakkan otot-otot lengan dan tungkainya, sehingga otot-otot tersebut lebih terlatih. Menurut penelitian di Finlandia, para bayi yang menjalani hidroterapi terbukti dapat berjalan dengan lebih cepat karena otot tungkai yang lebih terlatih.

Terapi air membuat bayi lebih rileks, meningkatkan nafsu makan, dan memperbaiki pola tidur. Sebuah studi di Jerman menemukan bahwa bayi yang lebih sering berenang memiliki kemampuan motorik, sosial, dan kognitif yang lebih baik. Penelitian di salah satu universitas di Australia menemukan bahwa anak yang dibiasakan berenang sejak usia dini memiliki kemampuan matematika dan bahasa yang lebih baik.

Selain hidroterapi, pijat bayi juga telah diketahui memberikan berbagai manfaat positif baik bagi ibu maupun bayi.

Pijat bayi dapat menstimulasi keluarnya hormon oksitosin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia dan dicintai. Selain itu, pijat bayi dapat mempererat hubungan antara orangtua dan anak dengan penyaluran kasih sayang melalui sentuhan dan kontak kulit dengan kulit.

Pijatan yang diberikan dapat membuat bayi rileks, tidak mudah menangis, dan lebih mudah tidur. Memijat bayi juga dapat meningkatkan berat badan dan mengurangi rasa nyeri akibat gigi tumbuh. Bahkan suatu studi menemukan bahwa memijat bayi dapat memulihkan bayi yang kuning dengan lebih cepat.

Para ibu yang mengalami baby blues atau depresi pascamelahirkan juga dapat terbantu dengan melakukan pijat bayi ini.

Kami waroeng sehat tidak ketinggalan memberikan pelayanan spa bayi untuk para pelanggan setia waroeng sehat yang memiliki bayi. Selain memberikan kenyamanan dalam pelayanan, kami juga melatih para orangtua mengenai teknik memijat bayi yang benar. Hal ini bertujuan agar para orangtua, khususnya ibu dapat melakukan pemijatan bayi secara mandiri dirumah. Tertarik untuk mencoba?

Silakan booking sehari sebelumnya ke rumah terapi waroeng sehat di 

Jl. Ciledug Raya no. 21 Batas, Kreo, Ciledug Tangerang (021-73882799)

agusuci

About agusuci

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami