Sering pusing, tangan kaku atau kesemutan? Hati-hati gejala kekentalan darah, simak tips mencegahnya

Apakah Anda pernah mengalami pusing, migrain, sakit kepala, terkadang tanpa disadari apa penyebabnya, kita mengalami pusing kepala, tangan tiba-tiba kebas kaku, migraine, sakit kepala, atau kesemutan tanpa sebab?

Jika pernah, kemungkinan anda mengalami gejala kekentalan darah, karena semua gejala diatas menunjukkan adanya kekentalan darah. Pada umumnya darah berfungsi sebagai pembawa vitamin, mineral, oksigen, dan lainnya yang diperlukan oleh organ-organ tubuh kita agar bisa bekerja secara normal. Apabila pasokan oksigen dan bahan makanan lainnya terhambat dikarenakan pengentalan darah, maka dapat dipastikan banyak penyakit yang dapat bermunculan, antaranya:

  • Stroke
    Terhambatnya aliran darah ke otak atau bahkan pecah pembuluh darah di kepala. Gejala sakit kepala / migraine / vertigo juga tidak bisa dianggap sepele karena hal ini disebabkan oleh pengentalan darah yang menyebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang / terhambat dan bisa menyebabkan stroke.
    Stroke, Pecah pembuluh darah di kepala Darah yang kental akan mengalir ke otak, karena kentalnya maka alirannya biasanya pelan dan kadang terhambat. Otak kita adalah organ tubuh yang paling membutuhkan oksigen dan sari-sari makanan agar dapat berfungsi optimal. Apalagi pasokan yang dibutuhkan datangnya terlambat, atau bahkan terhenti beberapa detik saja, fatal akibatnya. Sel-sel otak akan mati atau tidak dapat berfungsi sesuai dengan tugasnya. Serangan Stroke datang, sehingga kerusakaan otak bertambah besar, hal ini mengakibatkan kita tidak dapat mengontrol tubuh kita, misal berjalan, berbicara.
  • Gagal Ginjal
    Tubuh kita 80%nya adalah air. Bahkan otak kita memiliki kadar air di atas 90%. Sementara darah komponen airnya 95%. Oleh sebab itulah kita selalu dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas perhari. Tujuannya agar cairan yang keluar dari tubuh kita dapat cepat tergantikan. Apa akibatnya jika kurang minum? Jika kurang minum, maka tubuh kita akan terbiasa mengambil air dari dalam tubuh kita sendiri, yaitu dari darah. Darah yang diambil kandungan airnya akan gampang beku, sehingga menyebabkan kekentalan darah. Darah yang kental akan memperberat kerja ginjal. Kenapa bisa begitu? Karena darah akan melalui ginjal untuk disaring racunnya, saringan di ginjal ini halus sekali, sehingga ginjal akan berkerja lebih keras apabila darah Anda kental. Bila ini terjadi terus menerus maka akan terjadi perobekan glomerulus ginjal Anda. Gejala yang muncul pertama kali adalah air kencing Anda berwarna kemerahan. Hal ini menandakan ginjal anda sudah mulai bocor. Kabar buruknya lagi, Anda harus cuci darah seumur hidup karena fungsi ginjal anda sudah berkurang/rusak.

Mencegah Kekentalan Darah

Untuk Menghindari Kekentalan darah ini, sebaiknya:

  • Rutin dan teratur berolahraga
  • Berhenti Merokok
  • Istirahat berkualitas yang cukup, jam tidur teratur
  • Pola hidup yang sehat
  • Minum air putih minimal 2 liter air per hari
  • Kurangi terlalu banyak duduk Perbanyak bergerak / beraktifitas.

 

 

agusuci

About agusuci

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami