Hikmah Sholat Subuh, Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Stroke merupakan sebuah penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Stroke terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah otak. Karena tersumbat atau pecahnya pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak, bagian otak yang seharusnya darah itu mengalir kebagian tersebut menjadi tidak berfungsi. Akibatnya ditimbulkan adalah lumpuh sebagian anggota tubuh, bahkan bisa lumpuh total.

 

Melihat kejadian stroke dan sakit jantung yang semakin marak akhir-akhir ini tentu membuat kita ikut was-was. Apakah selanjutnya adalah kita? Tapi kabar baiknya untuk umat muslim yang selalu melaksanakan sholat subuh terlebih sholat tahajjud, resiko terkena serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir karena ternyata dalam penelitian medis, bangun di waktu subuh memiliki dampak yang sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk mencegah serangan jantung dan stroke.
Bangun pagi sebelum subuh, itu adalah teladan dan ajakan Rasul terhadap ummatnya selain merupakan ibadah, ternyata kebiasan ini didalam dunia medis memberi hikmah yg luar biasa dan mendalam.

Baca juga mengobati stroke dengan terapi lintah

Lihat juga paket herbal pengobatan stroke

Baca juga paket herbal pengobatan jantung

Penelitian terbaru dunia kedokteran yang mempelajari tentang banyaknya kasus serangan jantung dan stroke yang sering terjadi pada pagi hari, terutama secara spesifik disebutkan pada pukul 06.30 pagi dan dibuktikan pula oleh bukti empiris dari seorang dokter yang cukup sering mendapatkan panggilan darurat pada waktu pagi ketika menemui kasus emergency terkait dengan penyakit-penyakit kardiovaskuler.

Bagi mereka yang sudah melakukan kegiatan / aktifitas / bangun lebih awal ketika pagi untuk (sholat malam/subuh) dan tidak tidur lagi setelahnya) atau bagi mereka yang melakukan olahraga rutin pagi hari maka tubuh akan lebih mudah dapat beradaptasi / mengkompensasi perubahan irama sirkadian tubuh. Kondisi demikian bisa jadi akan memperkecil faktor resiko terserang penyakit jantung, stroke ataupun penyakit terkait kardiovaskuler.

Peneliti mempelajari perubahan tingkat protein Plasminogen activator inhibitor-1 (PAI-1) didalam tubuh, yang menghambat pemecahan bekuan/gumpalan darah. Perlu diketahui gumpalan darah ini adalah faktor penyumbang utama serangan jantung dan stroke. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Blood, menemukan penurunan kadar PAI-1 dengan puncaknya terjadi pada sekitar 06:30.

Protein plasminogen activator inhibitor-1 (PAI-1) ini harusnya bekerja untuk memperlambat kerusakan pembekuan darah, karena penurunan jumlah protein tersebut pada pagi hari akhirnya kondisi demikian menyebabkan meningkatnya angka kejadian stroke dan serangan jantung lebih mungkin terjadi pada waktu tersebut.

Penulis studi Dr Frank Scheer, direktur medis Chronobiology Program di Birmingham dan woman hospital, dikutip dari DailyMail mengatakan: “Temuan kami menunjukkan bahwa sistem sirkadian, atau jam biologis tubuh, memberikan kontribusi terhadap peningkatan risiko kejadian kardiovaskular di pagi hari.”

Betapa luar bisanya manfaat bangun pagi lebih awal bagi kesehatan kita. Hal ini kelihatan sepele namun sangat penting bagi kesehatan kita, mengingat tingginya kasus kematian mendadak akibat serangan jantung dan stroke belakangan ini. Oleh sebab itu untuk tetap sehat manusia disarankan untuk tidur malam lebih awal dan bangun pagi juga lebih awal sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

Demikianlah hikmah dibalik keutamaan bangun shubuh, tentunya meraih ridho Allah SWT wajib dijadikan tujuan utama seorang muslim.

Baca juga mengobati stroke dengan terapi lintah

Lihat juga paket herbal pengobatan stroke

Baca juga paket herbal pengobatan jantung

agusuci

About agusuci

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami