Manfaat ASI Bagi Bayi dan Ibu Untuk Kesehatan Jangka Panjang

ASI atau Air Susu Ibu merupakan minuman wajib untuk setiap bayi yang baru lahir karena ASI mengandung kombinasi nutrisi yang sempurna untuk bayi, di mana hampir 100 jenis yang terkandung di dalamnya! Nutrisi tersebut berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

 

Namun sayangnya, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI atau mungkin para ibu sudah cukup tenang memberikan susu formula karena terkecoh iklan yang mengatakan seolah-olah susu formula hampir sebanding dengan ASI. Padahal Manfaat memberi ASI ini sangat beragam, yakni berkaitan dengan aspek fisiologis, gizi dan kognitif perkembangan bayi bahkan untuk kesehatan sang ibu dimasa mendatang.

 

Berikut paparan manfaat pemberian ASI untuk bayi dan ibu.

Manfaat ASI Untuk Bayi

  1. Ada bukti kuat untuk efek protektif dari menyusui terhadap tiga kelas penyakit menular pada bayi: penyakit gastrointestinal, infeksi saluran pernapasan, dan otitis media (infeksi telinga tengah).
  2. ASI eksklusif muncul untuk memberikan efek perlindungan yang lebih besar terhadap penyakit gastrointestinal dan pernapasan, Studi menunjukkan bahwa semakin lama bayi disusui, semakin besar efek perlindungan terhadap infeksi.
  3. Di Republik Belarus, pernah dilakukan penelitian lebih dari 17.000 ibu dan bayi pasangan, Temuan menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif menurunkan risiko infeksi saluran pencernaan.
  4. Bayi yang tidak pernah disusui memiliki risiko infeksi telinga dan otitis media berulang, yang akhirnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada anak-anak.
  5. Dr Wendy Oddy dan rekan dari Telethon Institute for Child Health Research, menemukan hasil penelitian bahwa insiden asma dan alergi dapat dikurangi dengan menyusui lebih lama.
  6. Beberapa studi menunjukkan bahwa menyusui juga bisa memiliki efek positif pada perkembangan saraf anak. Namun, hubungan antara menyusui dan meningkatkan kemampuan kognitif dan kecerdasan masih diperdebatkan karena kualitas lingkungan rumah dan status sosial ekonomi keluarga juga memilki pengaruh besar.
  7. Menyusui dapat membantu mencegah sejumlah kondisi lain termasuk beberapa leukemia kecil, infeksi saluran kemih, penyakit radang usus, penyakit celiac dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
  8. Fakta menunjukkan bahwa menyusui dapat melindungi terhadap berbagai penyakit kronis yang dapat berkembang di masa dewasa, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, aterosklerosis, dan tekanan darah.

 

Manfaat Memberi ASI Bagi Ibu

  1. Manfaat menyusui dapat meminimalisir resiko kanker payudara. Sebuah tinjauan baru-baru ini dari 47 studi di 30 negara menunjukkan bahwa ibu yang menyusui selama 12 bulan, risiko kanker payudaranya menurun sebesar 4,3 persen.
  2. Manfaat emosional kepada ibu dan bayi

Kedekatan emosional yang dihasilkan melalui menyusui sangat baik ibu dan bayi. Interaksi antar kulit akan membuat bayi dan ibu tenang karena hormon oksitosin dan prolaktin dirangsang oleh aktivitas menyusui, sehingga dapat mengurangi stress.

Sifat Unik ASI yang TIDAK Akan ditemukan dalam Susu Formula

  1. ASI adalah zat hidup yang kompleks dan makanan yang bergizi lengkap untuk bayi sampai enam bulan. Tidak ada satupun produk susu formula yang ditemukan dapat memenuhi gizi dan nutrisi bayi pada enam bulan pertama selain ASI.
  2. ASI adalah ‘cairan bioaktif’ yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi.
  3. ASI merupakan senjata paling berharga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang belum matang dari neonates. ASI juga dapat memperkuat mekanisme pertahanan tuan rumah melawan virus, infeksi atau agen asing lainnya.
  4. Kolostrum atau ASI yang keluar pertama saat melahirkan merupakan “imunisasi alami” bagi bayi karena dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit, alergi dan infeksi. Kolostrum ASI pun terbukti sangat kaya nutrisi dan mengandung protein esensial, vitamin, enzim, faktor pertumbuhan, antibodi dan bakteri non-patogen.
  5. ASI sangat dinamis dan interaktif. Komposisinya bervariasi, tergantung pada pola makan ibu dan tahap laktasi.

Menyusui akan memberikan nutrisi yang optimal untuk bayi sekaligus memberikan kesehatan jangka panjang untuk ibu dan bayi. Selagi mampu member ASI, penuhilah hak anak untuk mendapatkannya, member ASI sama dengan melakukan investasi kesehatan jangka panjang dan insyaAllah mendatangkan pahala karena kita telah menunaikan kwajiban yang diperintahkan oleh Allah dalam Al-qur’an untuk menyusui anak-anak kita.

Baca juga 7 cara mudah memperbanyak & meningkatkan kualitas ASI

 

Produk lancar ASI

sari kurma tamrspirulina

 

Asmi

About Asmi

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami