Manfaat Daun Binahong

Daun binahong ini mudah ditemui di pekarangan rumah dan penjual tanaman.Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap. Manfaat daun binahong sendiri melimbah untuk berbagai kondisi kesehatan, mau tau apa saja? Yuk simak.

Mengatasi masalah kulit

Khasiat daun binahong sangat bagus untuk kulit wajah karena dapat mengatasi jerawat. Kandungan zat di dalam daun binahong secara efektif dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain mengatasi masalah jerawat, manfaat binahong juga bisa mengatasi komedo dan flek hitam dengan menggunakan masker binahong. Kandungan kolagennya yang tinggi juga dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat.

Mengobati maag                    

Salah satu manfaat binahong yaitu mengobati maag. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Dengan mengonsumsi daun binahong, maka asam lambung akan menjadi normal kembali. Selain itu, manfaat binahong juga untuk antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda dan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

Mengatasi asam urat

Manfaat daun binahong dipercaya dapat secara aktif mengatasi asam urat pada sendi tubuh. Kandungan zat pada daun binahong akan menetralisir asam urat yang tinggi pada persendian. Manfaat binahong untuk asam urat mudah didapatkan dengan mengonsumsi rebusan daun binahong secara rutin.

Mengatasi kolesterol

Daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Kolesterol tinggi yang dibiarkan dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke

Mencegah diabetes

Meski bukan salah satu penyakit ganas, namun diabetes masih sangat berbahaya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan diabetes sepenuhnya. Sebagai penderita, kita hanya bisa mengendalikan kadar gula darah hingga normal agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Daun binahong mengandung senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah juga bisa tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Mengobati sesak napas

Khasiat daun binahong mampu membersihkan saluran pernapasan terutama lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu membersihkan, kandungan antibakterialnya juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

Mengatasi anemia

Manfaat daun binahong juga bisa dijadikan salah satu obat anemia atau tekanan darah rendah. Anemia disebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh. Daun binahong mengandung cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah. Karena itu, bagi Anda yang memiliki riwayat darah rendah, binahong bisa menjadi salah satu solusi pengobatan alternatif.

Mengobati batuk

Meminum air rebusan daun binahong dapat mengobati batuk. Kandungan dalam ramuan daun binahong ini terdapat senyawa antibakterial yang bisa membunuh kuman atau bakteri penyebab batuk. Jadi, batuk berdahak dan batuk kering bisa diatasi dengan meminum air rebusan rebusan daun binahong.

Mengembalikan stamina yang hilang

Daun binahong mengandung binahong cathecin, yaitu, jenis antioksidan yang tidak hanya melawan kanker dan serangan jantung, manfaat binahong juga dapat membantu mengurangi efek peradangan otot setelah latihan. Sehingga daun binahong sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sering menjalani aktivitas yang berat. Misalnya lembur, olahragawan, atau pekerja keras. Meminum satu gelas air rebusan binahong, maka stamina Anda akan kembali lagi.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Tumbuklah daun binahong yang masih segar. Lalu tempelkan ke luka. Maka kandungan antiseptiknya akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Selain luka, kandungan anti-inflamasinya juga membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

Meningkatkan tekanan darah

Anda harus meningkatkan tekanan darah rendah dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong..

Mengatasi masalah haid

Sedangkan untuk para wanita, khasiat daun binahong baik untuk mengatasi masalah haid. Bagi Anda yang mengalami masalah seputar menstruasi seperti terlambat haid, nyeri, atau keputihan, konsumsilah ramuan daun binahong secara teratur. Kandungan zat besi dan mineral lainnya efektif dalam melancarkan haid.

Jika ingin mendapatkan khasiat daun binahong, Anda perlu mengetahui kadar kandungan dari setiap senyawa yang terkadung di dalam daun binahong.

erni

About erni

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami