manfaat jalan kaki bagi ibu hamil

Apa saja manfaat jalan kaki saat hamil?

Rajin jalan kaki saat hamil tidak hanya membantu Anda menjaga kebugaran tubuh, tapi juga bermanfaat untuk bayi yang sedang dikandung. Apa saja manfaatnya?

Mengurangi varises

Varises adalah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh perempuan saat hamil. Varises yang muncul di area kaki bisa terasa perih dan membuat pegal, yang cenderung akan memburuk pada sore hingga malam hari. Terutama setelah ibu hamil banyak beraktivitas atau terlalu lama berdiri.

Rutin jalan kaki selama kehamilan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat varises, sehingga tidak terlihat lagi pembuluh darah vena yang terlihat menonjol di area betis.

Melancarkan pencernaan

Jalan kaki termasuk olahraga kardio yang memperlancar pencernaan. Bagi ibu hamil, manfaat ini dapat mengurangi keparahan mual dan muntah saat hamil hingga diare atau sembelit.

Pencernaan yang sehat juga membantu tubuh lebih cepat menyerap nutrisi dan mengubah makanan menjadi energi, serta menurunkan resistensi insulin yang bisa memicu perkembangan diabetes.

Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah komplikasi kehamilan yang terbilang cukup banyak terjadi. Risiko Anda memiliki diabetes gestasional dapat meningkat drastis bila sejak sebelum hamil dan sampai seterusnya Anda kelebihan berat badan dengan skor BMI 30 atau lebih.

Gula darah yang dibiarkan tinggi selama kehamilan akan meningkatkan risiko ibu melahirkan prematur, serta memiliki bayi obesitas.

Dapat mengurangi resiko keguguran

Ibu hamil yang teratur melakukan jalan pagi, tubuhnya akan terlihat lebih bugar dan wajahnya selalu terlihat segar dan bercahaya. Daripada ibu hamil yang tidak pernah melakukan banyak gerakan selama masa kehamilan (sering tidur dan hanya duduk saja), jika tubuh ibu sehat maka akan sehat pulalah janin yang dikandung. Keuntungan lain selama jalan pagi si ibu akan menghirup banyak oksigen yang akan dialirkan kearah plasenta bayi yang berguna untuk perkembangan tubuhnya dan memperkuat rahim ibu.

Mencegah stres

Berbagai perubahan fisik serta masalah yang terjadi semasa kehamilan dapat membuat ibu hamil mudah stres. Nah, tahukah Anda bahwa jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang efektif untuk memperbaiki suasana hati?

Orang yang rutin jalan kaki, pada semasa hamil sekalipun, mengalami peningkatan bahagia yang membuat suasana hati lebih baik dan menimbulkan rasa senang. Olahraga secara teratur juga dapat membuat Anda tidur nyenyak.

Mempermudah proses persalinan

Rajin jalan kaki saat hamil akan menguatkan otot paha, betis, hingga otot-otot pinggul. Ini akan sangat baik untuk mewujudkan persalinan yang lebih cepat dan mudah. Anda jadi tidak perlu menunggu lama untuk kontraksi, dan tidak mengalami kesulitan saat mengejan.

Mempermudah dan mempercepat proses persalinan

Dapat mempermudah dan mempercepat proses kelahiran normal tanpa rasa sakit yang berkepanjangan karena selama jalan pagi. Sebenarnya semua otot disekitar rahim dan panggul akan terhindar dari ketegangan maka dari itu proses persalinan bisa menjadi mudah.

Memperbaiki kualitas tidur dan terhindar dari insomnia

Jalan pagi yang teratur dengan kecepatan yang sedang dapat membuat seluruh peredaran darah dalam tubuh lancar dan pikiran menjadi lebih rileks. Kondisi inilah yang menyebabkan ibu dapat tidur dengan pulas dan terhindar dari serangan penyakit susah tidur. Gerakan akibat aktivitas jalan pagi dapat memperbaiki kualitas tidur selama masa kehamilan.

Dapat memperlancar aliran darah

Jalan pagi dengan teratur dapat memperlancar aliran darah di semua jaringan tubuh. Sehingga selama masa kehamilan ibu tidak menderita pegal pegal dan nyeri pada punggung dan pinggang.

Dapat  menyehatkan dan memperkuat paru-paru

Jalan pagi yang teratur dapat menyehatkan dan memperkuat paru paru sehingga selama masa kehamilan ibu tidak menderita sesak nafas, dada terasa nyeri dan terhindar dari dada yang berat seperti tertindih batu besar.

Dapat menyehatkan dan memperkuat jantung

Jalan pagi yang teratur dapat menyehatkan dan memperkuat jantung. Menormalkan denyut jantung yang dapat mencegah terjadinya lemah jantung atau serangan gagal jantung.

Dapat memperkuat otot tungkai dan persendian

Jalan kaki yang teratur dapat memperkuat otot tungkai dan persendian karena otot yang tegang dan kaku dapat lentur dan kendur. Jika kaki banyak bergerak, maka dari itulah otot akan kuat dan mengurangi resiko keseleo.

Memperkuat otot panggul

Jalan pagi dengan teratur dapat memperkuat otot panggul yang nantinya sangat berguna agar proses persalinan menjadi lancar. Jika otot panggul kuat maka akan dapat mendorong bayi untuk keluar dengan cepat, tanpa menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan.

Bayi lahir dengan berat sehat

Dengan Anda sering berjalan kaki, Anda ikut mengendalikan pertambahan berat badan bayi selama masih dalam kandungan agar tidak berisiko obesitas.

Secara umum, bayi yang lahir dengan berat ideal dianggap sehat dan memiliki sensitivitas insulin yang lebih baik

Kapan boleh mulai jalan kaki saat hamil?

Anda boleh langsung membiasakan diri jalan kaki, bahkan di hari pertama begitu tahu Anda positif hamil. Jalan kaki boleh dilakukan di sepanjang usia kehamilan dan hampir tidak memiliki risiko kesehatan serius.

Namun, tetap saja Anda perlu selalu mendiskusikan dengan dokter kandungan Anda mengenai keputusan kapan mulai berolahraga saat hamil dan bagaimana cara amannya.

erni

About erni

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami