Manfaat Ketumbar

Ketumbar adalah salah satu rempah yang wajib ada di dapur karena merupakan salah satu bumbu dasar berbagai masakan khas Indonesia. Selain memperkaya rasa masakan, ternyata ketumbar juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak yuk apa saja manfaat ketumbar

Mengatasi gangguan pencernaan

Ketumbar bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Perawatan rutin menggunakan ketumbar dapat mengatasi sindrom iritasi usus besar. Ketumbar juga bisa mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung, sembelit, dan cacingan.
Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Manfaat juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ketumbar memiliki sifat anagetik sehingga dapat membantu meredakan sakit gigi. ketumbar juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Mengatasi infeksi jamur dan bakteri

Selain dapat mengatasi infeksi bakteri, manfaat ketumbar juga dapat mengatasi infeksi akibat jamur. Manfaat ini membuat ketumbar banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat jamur dan bakteri, termasuk konjungtivitis dan infeksi kulit akibat bakteri dan jamur.

Baik untuk penderita diabetes

Ketumbar baik untuk penderita diabetes. Rempah yang memiliki kandungan serat tinggi ini ternyata dapat bekerja menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dianggap baik untuk dikonsumsi penderitas diabetes.

Mengatasi wasir

Ketumbar juga dapat mengatasi wasir. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketumbar ampuh untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, yang merupakan salah satu penyebab dari wasir. Selain melancarkan buang air besar, sifat analgesik dari ketumbar juga mungkin dapat meredakan nyeri akibat wasir.

Ketumbar Menurunkan kadar kolesterol jahat

ketumbar juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini lah yang membuat munculnya pernyataan tentang manfaat rebusan ketumbar untuk jantung. Kolesterol jahat dalam dalam darah dapat membantuk plak yang nantinya akan menghambat peredaran darah dan mengganggu fungsi jantung.

Meringankan nyeri sendi

Meringankan nyeri sendi juga diklaim sebagai salah satu manfaat ketumbar. Manfaat satu ini masih berhubungan dengan sifat analgesik dan kandungan asam linoleat dari ketumbar. Selain meringankan nyeri sendi, ketumbar juga dipercara dapat meringankan sakit akibat hernia.

Mengatasi batuk dan pilek

Ketumbar juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi batuk dan pilek. Karna ketumbar memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini lah yang membuat ketumbar dipercaya dapat mempercepat penyembuhan batuk dan pilek.

Menjaga kesehatan kulit

Ketumbar juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit. Antibakteri dalam ketumbar mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu, ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi kulit berminyak, meremajakan kulit, hingga mencerahkan kulit. Ketumbar juga tentunya dapat menghindarkan kulit dari iritasi dan infeksi.

Manfaat ketumbar untuk rambut lebih lebat

ketumbar juga bermanfaat untuk rambut. Ketumbar dapat membantu menguatkan akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Jadi selain mencoba kemiri yang sudah sering digadang-gadang sebagai rempah yang baik untuk rambut, sekarang Anda juga bisa mencoba ketumbar dan melihat sendiri efeknya pada rambut Anda.

Efek Samping Ketumbar

Tidak semua orang dapat mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal, salah satunya ibu hamil dan menyusui. Selain itu, terdapat juga beberapa kondisi lain yang membuat seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi ketumbar seperti penderita penyakit hati, penderita gangguan pernapasan, pemilik kulit sensitif, dan orang yang alergi terhadap ketumbar.

Beberapa efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan ketumbar adalah seperti mual, muntah, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan sakit perut. Sedangkan pada orang yang hipersensitif pada ketumbar maka akan muncul gejala alergi seperti gatal, ruam merah, mata berair, dan reaksi alergi lainnya.

erni

About erni

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami