7 Cara Mudah Memperbanyak & Meningkatkan Kualitas ASI

Hampir sebagian besar Ibu di Indonesia menyusui bayinya, namun tidak banyak ibu yg menyusui secara eksklusif. Berbagai alasan terlontar, salah satunya adalah produksi ASI yang sedikit, bahkan tidak keluar sama sekali. Bagaimana mengatasinya?

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI-nya bakal berlimpah. ASI diproduksi sesuai dengan permintaan. Bila bayi Anda butuh 100 cc maka ASI yang bakal diproduksi pun 100 cc. Jadi, jangan takut ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan bayi. Kemungkinan hanya 1 dari 1.000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui. Oleh karena itu setiap ibu harus yakin dapat menyusui bayinya.

Apa yang Menyebabkan Anda Berpikir bahwa ASI kurang?

  • Karena bayi menangis terus.
    Anak yang menangis terus dianggap belum kenyang. Padahal menangis bukan semata-mata karena ia lapar. Bisa jadi dia ingin diganti popoknya, ingin sendawa, menderita kolik, atau cuma ingin digendong saja. Banyak faktor. Jadi tangisan bayi bukan patokan.
  • Karena bayi baru tenang apabila sudah diberi susu formula atau MPASI
    Banyak ibu yang beranggapan bahwa bayinya kelaparan dan akan tidur nyenyak jika diberi makan. Meskipun tidak ada relevansinya banyak yang beranggapan hal ini benar. Padahal, karena lambungnya belum sempurna, sistem pencernaannya harus bekerja lebih keras utk mengolah & memecah makanan. Belum lagi masih banyak anggapan di masyarakat kita khususnya dari generasi terdahulu yang belum tentu benar. Misalnya, ada orang tua bercerita bahwa ia sudah memberi makan bayinya pisang sejak umur 2 bulan dan tidak menimbulkan masalah apapun. Alasan lain, misalnya tekanan dari lingkungan dan tidak adanya dukungan, juga gencarnya iklan makanan tambahan bayi yg belum mengindahkan ASI eksklusif 6 bulan.
  • Bayi kelihatan lebih kenyang apabila diberi susu formula atau MPASI karena makanan tersebut lebih sulit dicerna oleh bayi. ASI memang lebih mudah dicerna, dan kapasitas lambung bayi kecil sekali, sehingga bayi yang diberi ASI ekslusif akan lebih sering menyusu daripada bayi yang diberi susu formula atau MPASI.
  • Karena bayi sering sekali meminta ASI, tetapi jika diberi susu formula atau MPASI dia tidak meminta lagi. Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa susu formula dan MPASI lebih sulit dicerna. Tidak ada patokan seberapa sering bayi meminum ASI, malah sangat baik apabila diberikan secara demand feeding.
  • Karena payudara saya tidak mengeluarkan ASI jika dipencet.
    Sekali lagi, lihatlah perkembangan bayi dahulu, apakah ia menerima cukup ASI. Jika bayi baik-baik saja meski ASI tidak keluar waktu payudara dipencet, tidak apa-apa. Tetapi jika ada tanda-tanda yang kurang meyakinkan dari bayi anda, atau apabila anda ragu, jangan sungkan mencari bantuan profesional untuk ASI.
  • Karena berat badan (BB) bayi tidak bertambah dari BB saat lahir.
    Lihatlah perkembangan bayi, apabila BB bayi sejak hari ke-4 tidak bertambah dan bayi sering rewel. Kemungkinan bayi anda mengalami gagal ASI. Pergilah segera dengan membawa bayi anda ke klinik laktasi terdekat untuk mendapatkan konsultasi manajemen laktasi.

Apabila anda khawatir ASI kurang, Anda dapat melakukan tindakan dibawah ini:

  • cara memperbanyak  dan meningkatkan kualitas ASI ala waroeng sehat:
  1. Memijat dan membersihkan puting susu

Lakukan pijatan lembut pada payudara, bagus dilakukan pada trimester ke 3 kehamilan, Mulailah membersihkan puting susu agar jalan keluar ASI lancar. Caranya, oleskan dengan minyak zaitun sebelum mandi, sambil dipijat dan memilin-milin puting  terutama pada lipatan-lipatan di ujung puting. Lakukan setiap hari.  Lihat disini untuk produk minyak zaitun.

  1. Banyak minum air putih

Minumlah 10-12 gelas air putih sehari, karena tubuh membutuhkan cairan untuk memproduksi ASI

  1. Mengonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI

Makanan yang terbukti memperbanyak ASI dan umum digunakan untuk melancarkan ASI adalah pepaya, daun katuk, bayam.

  1. Memompa ASI

Tujuan dari memompa ASI bukan untuk mendapatkan ASI tapi untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada payudara agar lebih lancar mengeluarkan ASI.

Ingat! Banyak saja belum cukup jika tidak berkualitas. Ibu menyusui juga harus menjaga asupan nutrisi, karena sumber nutrisi bayi berasal dari ASI sang ibu. Ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan (kacang hijau, susu kedelai) dan ikan. Makanan ini mengandung vitamin dan mineral yang penting bagi pertumbuhan bayi.

  1. Untuk membantu Anda agar mencukupi Gizi ibu menyusui, kami sarankan untuk mengkonsumsi Super Spirulina. (lihat detail Super Spirulina)
    Spirulina adalah tumbuhan Mikro Ganggang yang telah hidup sejak 3,6 milyar tahun yang lalu. Spirulina merupakan sumber nutrisi alami yang paling lengkap dibandingkan dengan sumber nutrisi lain yang pernah ada. Dengan mengonsumsi spirulina secara rutin, nutrisi ibu dan bayi akan terpenuhi
  2. Mengonsumsi herbal pelancar ASI, Laktaron.

Jika cara diatas telah Anda lakukan namun produksi ASI masih sedikit, anda dapat mengonsumsi Laktaron, herbal yang mampu melancarkan dan memperbanyak ASI.

  1. Iringi dengan doa
    Ikhtiar akan lebih baik lagi jika dibarengi doa. Banyak memohon kepada Allah agar diberikan ASI yang banyak, dan selalu berfikir positif, yakin bahwa ASI kita akan banyak.

Teorinya, ASI itu akan semakin banyak mengalir apabila payudara semakin sering dihisap oleh bayi. Karena itu, kiat sederhana yang perlu diikuti demi berhasilnya ASI eksklusif adalah: Sodorkan payudara setiap kali bayi menangis.

Ingat, produksi ASI akan banyak jika payudara banyak dihisap.

Karena itu, waktu itu saya berprinsip “Kalau bayi menangis, sodorkanlah payudara“, Jika prinsip dasar di atas dilakukan, kekuatiran anda boleh berkurang. Tidak perlu stress takut kurang susu jika anda membiarkan bayi anda menghisap payudara sesering yang dia mau.

Bagaimana Tahu Bayi Cukup ASI?

Banyak ibu yang merasa ASI SEDIKIT, karena tidak tahu apakah bayinya sudah cukup minum.

Bagaimana mengetahui bahwa ASI cukup banyak dan cukup mengenyangkan bayi?

  • Kalau bayi melepaskan payudara dengan sendirinya ketika kenyang, berarti dia cukup minum ASI.
  • Kalau bayi kelihatan kenyang setelah minum ASI, berarti dia cukup minum ASI. (Bayi saya bertampang ‘mabok’ kalau kenyang ASI, dan langsung tidur lagi)
  • Kalau bayi cukup banyak berak dan pipis, berarti dia cukup minum ASI.

Jika tanda-tanda sederhana ini diikuti, jangan khawatir.

Berat Badan Kurang?

Silakan terus ambil berat badan bayi anda. Normalnya bayi sampai 4 bulan mengalami kenaikan berat 100-170 gram per minggu. Tidak perlu ke dokter jika tanda-tanda di atas dan berat badannya naik dengan baik. (ws/r)

 

Produk pelancar ASI dan meningkatkan kualitas ASI, kik gambar untuk detail.

SPIRULINA perfectmasker spirulina murah

sari kurma tamr

agusuci

About agusuci

Customer Service : 0811-1155-911Lihat Alamat Kami